Cara Terbaru untuk Mengunci Folder di Laptop dan Komputer

[Kincaimedia.net]
Terkadang sebagai pengguna perangkat komputer kita membutuhkan privasi yang lebih baik, untuk menjaga kerahasiaan data-data yang terdapat di dalam komputer kita. Terlebih lagi jika menggunakan komputer atau laptop, secara bersamaan dengan orang lain. Seperti pada komputer kantor, yang sering kali digunakan oleh banyak orang.

Tapi semua itu bisa kita cegah dengan menerapkan cara mengunci folder di laptop atau komputer. Sebab dengan cara mengunci folder pribadi, kita bisa meminimalisir terjadinya pembajakan data-data pribadi kita. Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara mengunci folder dengan password. Tips komputer ini bisa diterapkan pada semua sistem operasi, baik itu Windows 10, Windows 7 ataupun 8.

Cara Terbaru untuk Mengunci Folder di Laptop

Cara mengunci folder yang akan kita coba kali ini adalah, dengan menggunakan software tambahan bernama Private Folder. Software ini sangat berguna untuk mengunci folder dengan password. Agar semua data yang terdapat di dalam folder pribadi kita, tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Jadi hanya diri kita pribadi, dan orang lain yang mengetahui password folder kita, yang dapat membuka dan mengakses file di dalam folder yang kita kunci tersebut. Sebelum kita menerapkan cara mengunci folder di laptop dan komputer. Sebaiknya kita persiapkan terlebih dahulu, software yang dibutuhkan yaitu Private Folder. Untuk mendapatkannya silahkan download Private Folder gratis di "https://www.emingsoftware.com/products/private-folder/".

Setelah itu jalankan dan install Private Folder yang tadi sudah didownload. Tentukan saja pengaturan instalasi sesuai yang kita butuhkan. Nantinya di penghujung instalasi, kita akan diminta memasukan Password Master. Password ini berguna untuk membuka dan menjalankan software Private Folder. Jadi silahkan buat password master sesuka kamu, tapi pastikan Anda selalu mengingat password master tersebut.
Install Private Folder - Cara Mengunci Folder Di Laptop

Cara Mengunci Folder Dengan Private Folder

Jika Private Folder sudah terpasang di laptop atau PC kita, maka langkah selanjutnya hanya tinggal memulai cara mengunci folder dengan Private Folder.
  • Buka Private Folder, masukan password master yang sebelumnya telah dibuat.
Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Private Folder
  • Untuk mengunci folder, silahkan pilih Add Rule > Browse > Pilih Folder > OK.
Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Private Folder
  • Buat pengaturan folder
    • Hide Folder, untuk menyembuyikan folder yang dikunci dengan password.
    • Lock Folder, untuk mengunci folder dengan password.
    • Unlock Folder on-access with password, untuk membuat password dari folder tersebut.
Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Private Folder
  • Setelah pengaturan tadi sudah ditentukan, maka cara mengunci folder di laptop / PC sudah berhasil.
  • Untuk unlcok folder yang tadi dikunci, kita hanya tinggal memilih foldernya lalu pilih Unlock pada sisi kanan.
Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Private Folder

Kedepannya, apabila kita ingin membuka folder tersebut, kita harus memasukan password yang benar terlebih dahulu. Jika pengaturan Hide Folder diaktifkan, maka kita tidak akan bisa menemukan folder tersebut di Windows Explorer.
Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Private Folder
Satu-satunya cara untuk menemukannya, adalah dengan membuka kembali aplikasi Private Folder, dengan memasukan password master terlebih dahulu. Baru kita bisa membuka folder yang dikunci, dengan memasukan kembali password folder tersebut.

Itulah cara mengunci folder di laptop atau komputer, dengan menggunakan software Private Folder. Semoga dengan software tersebut, privasi data pribadi kita dapat terjaga dengan baik, dan tidak mudah dibobol oleh orang lain yang berniat jahat.

Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi informasi bisnis online, Anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html