Cara Terbaru untuk Menghapus Meta Data File pada Windows 10

[Kincaimedia.net]
Meta data adalah informasi dari sebuah file yang berguna sebagai identitas seputar file tersebut. Semua file digital yang terdapat pada komputer maupun smartphone memiliki meta data. Dari jenis apapun file tersebut, pastinya sudah dilengkapi dengan meta data. Karena secara default setiap file yang dibuat menggunakan software maupun hardware, akan secara otomatis tersemat meta data.

Seperti file gambar atau foto yang memiliki meta data berupa nama file, ukuran gambar, jumlah ISO, tanggal dan waktu foto itu diambil, serta kamera yang digunakan untuk mengambil foto tersebut. Sedangkan file audio atau musik, memiliki meta data seperti nama penyanyi, judul lagu, judul album, dan nama commposer musik tersebut.

File dari jenis video juga memiliki meta data, yang berguna sebagai identitas dari file video itu sendiri. Biasanya meta data pada file video berupa nama file, format video, kamera perekam yang digunakan untuk merekam video, dan meta data video lainnya.
Cara Menghapus Meta Data File Pada Windows 10

Menghapus Meta Data Segala Jenis File Pada Windows 10

Sebenarnya meta data pada sebuah file sangat berguna, untuk memberikan petunjuk kepada pengguna, tentang segala informasi yang berkaitan dengan file itu sendiri. Dengan kata lain, fungsi meta data adalah sebagai identitas dari suatu file, yang di dalamnya terdapat informasi terkait nama file, jenis file, dan informasi lain seputar file tersebut.

Pada dasarnya informasi pada meta data sangatlah berguna bagi pengguna. Tapi terkadang pengguna menginginkan privasi yang lebih. Jadi tidak sedikit juga orang yang ingin menghapus metada data video, foto, maupun file audio dan musik. Oleh sebab itulah, kali ini kita akan coba membahas dan mempraktekkan, cara menghapus meta data file pada Windows 10. Cara ini dapat digunakan untuk segala jenis file, seperti foto, video, dan juga audio.

Menghapus Meta Data Video, Foto, Audio

  • Cari file yang akan dihapus meta datanya.
  • Klik kanan pada file tersebut, lalu pilih opsi properties. 
Cara Menghapus Meta Data File Pada Windows 10
  • Pada jendela properties, pilih tab details.
Cara Menghapus Meta Data File Pada Windows 10
  • Lalu di bagian bawah klik pada kata remove properties and personal information.
Cara Menghapus Meta Data File Pada Windows 10

Kemudian kita akan disuguhkan dengan jendela baru, yang di dalamnya terdapat dua opsi untuk menghapus meta data video YouTube, foto serta file audio, yaitu:

Create a copy of with all possible properties removed.
Opsi pertama ini akan membuatkan salinan dari file tersebut dengan nama filenya "copy_nama file". Nantinya file hasil salinan ini tidak akan memiliki meta data, karena metada data file tersebut telah dihapus. Tapi file aslinya masih memiliki meta data tersebut.

Remove the following properties from this file.
Sedangkan untuk opsi yang kedua ini, seluruh meta data file tersebut akan dihapus. Filenya juga tidak akan disalin ke file dengan nama "copy_nama file".

Kita hanya bisa memilih salah satu opsi yang telah disebutkan di atas. Jika secara personal Anda masih membutuhkan meta data file tersebut, lebih baik pilih opsi yang pertama saja. Sehingga meta data pada file aslinya masih tersimpan.

Itulah cara menghapus meta data video, foto serta file audio tanpa software dan aplikasi. Jika Anda berminat, silahkan baca artikel pengertian komputer, pengertian hardware serta artikel seputar komputer lainya, yang juga terdapat pada blog ini.

Selain sebagai media informasi teknologi, kami juga berbagi informasi bisnis online, Anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html