5 Bahasa Pemrograman Yang Populer 2022 - Gudang Informatika

Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu.Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Dan jika anda ingin menjadi seorang developer anda harus menguasai bahasa pemrograman cukup 1 atau 2 saja yang penting anda mahir di bahasa pemrograman itu :D.




Menurut Tiobe, salah satu lembaga riset yang telah beberapa tahun berupaya membuat peringkat bahasa pemrograman populer dunia yang diwujudkan dalam bentuk TIOBE Programming Community Index  edisi oktober 2017.

Macam- Macam Tingkatan Bahasa Pemrograman.
  •  Bahasa Tingkat Tinggi - Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasa tersebut mendekati  bahasa manusia. Contohnya seperti Bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java, dan lainnya.
  • Bahasa Tingkat Menengah - Disebut tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun rendah. Contohnya seperti Bahasa C.
  • Bahasa Tingkat Rendah - Bahasa pemrograman tingkat ini karena bahasanya masih jauh dari bahasa manusia. Contohnya bahasa Assembly.



Macam- Macam Bahasa Pemrograman Yang Populer.

1.Java 
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon     genggam. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser. Dan bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Java:

1.     Bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda.
2.     Bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek).
3.     Aplikasi dalam smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java.

2.      2. C
Bahasa pemrograman C dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C adalah Dennis Ritchie.
Bahasa C ini menjadi dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain, karena memang bahasa C ini merupakan "bapak" dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.

3.      3. C++
C++ merupakan bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C. C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.
Dan perusahaan besar seperti perusahaan-perusahaan software besar yang menggunakan bahasa ini untuk membangun software nya seperti Adobe dan Firefox.

4.      4. C#
C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.

5.      5. Python
Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.
Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...