Pengertian Source Code: Definisi, Fungsi, dan Pentingnya dalam Pemrograman

Pengertian Source Code: Definisi, Fungsi, dan Pentingnya dalam Pemrograman

Definisi Source Code

Apa itu source code? - Source code adalah kode sumber yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang digunakan untuk menciptakan sebuah program atau aplikasi. Secara umum, source code merupakan bahasa yang digunakan oleh programmer untuk menuliskan instruksi-instruksi yang akan dijalankan oleh komputer. Menurut beberapa ahli, pengertian source code dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Menurut Deitel & Deitel (2003), source code adalah teks yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang digunakan untuk menciptakan sebuah program atau aplikasi.

  2. Menurut Sommerville (2007), source code adalah kumpulan dari perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengontrol alur kerja dari sebuah program atau aplikasi.

  3. Menurut Pressman (2010), source code adalah inti dari sebuah program atau aplikasi, karena inilah yang menentukan bagaimana sebuah program atau aplikasi akan berjalan dan bekerja.

  4. Menurut Bruegge & Dutoit (2014), source code adalah teks yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang digunakan untuk menciptakan sebuah program atau aplikasi yang dapat diinterpretasikan atau dikompilasi oleh komputer.

Dapat dilihat bahwa pengertian source code yang dikemukakan oleh beberapa ahli tersebut sangat mirip, yaitu sebagai teks yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang digunakan untuk menciptakan sebuah program atau aplikasi.

Fungsi Source Code

Fungsi dari source code adalah sebagai berikut:

  1. Membuat program atau aplikasi: Source code digunakan untuk menuliskan instruksi-instruksi yang akan dijalankan oleh komputer untuk menciptakan sebuah program atau aplikasi.

  2. Mengontrol alur kerja program: Source code digunakan untuk mengontrol alur kerja dari sebuah program atau aplikasi, seperti membuat logika dari program, menentukan input dan output, dan mengatur interaksi antar bagian dari program.

  3. Membuat perubahan atau perbaikan pada program: Source code dapat diubah atau diperbaiki oleh programmer untuk menambah fitur atau memperbaiki kesalahan pada program.

  4. Mengoptimalkan performa program: Source code dapat digunakan untuk mengoptimalkan performa program dengan mengubah algoritma atau menambah fitur yang dibutuhkan.

  5. Membuat dokumentasi: Source code dapat digunakan untuk membuat dokumentasi dari program, seperti penjelasan dari variabel, fungsi, dan alur kerja program.

  6. Membuat aplikasi yang dapat digunakan kembali: Source code dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan kembali (reusable) sehingga dapat digunakan pada proyek lain.

  7. Membuat aplikasi yang dapat di modifikasi : Source code dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat di modifikasi oleh developer lain.

Pentingnya Source Code dalam Pemrograman

Source code memiliki peran yang sangat penting dalam pemrograman karena beberapa alasan sebagai berikut:

  1. Membuat program atau aplikasi: Source code digunakan sebagai dasar untuk menciptakan sebuah program atau aplikasi, sehingga tanpa source code, sebuah program atau aplikasi tidak dapat dibuat.

  2. Mengontrol alur kerja program: Source code digunakan untuk mengontrol alur kerja dari sebuah program atau aplikasi, sehingga tanpa source code, sebuah program atau aplikasi tidak dapat bekerja dengan baik.

  3. Membuat perubahan atau perbaikan pada program: Source code dapat diubah atau diperbaiki untuk menambah fitur atau memperbaiki kesalahan pada program, sehingga tanpa source code, sebuah program atau aplikasi tidak dapat diperbaiki atau dikembangkan.

  4. Mengoptimalkan performa program: Source code dapat digunakan untuk mengoptimalkan performa program, sehingga tanpa source code, sebuah program atau aplikasi tidak dapat dioptimalkan.

  5. Membuat dokumentasi: Source code dapat digunakan untuk membuat dokumentasi dari program, sehingga tanpa source code, dokumentasi dari program tidak dapat dibuat.

  6. Membuat aplikasi yang dapat digunakan kembali: Source code dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan kembali (reusable) sehingga dapat digunakan pada proyek lain.

  7. Membuat aplikasi yang dapat di modifikasi : Source code dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat di modifikasi oleh developer lain sehingga dapat digunakan untuk proyek lain dengan modifikasi yang sesuai.

 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...