Lokasi Server VPS Terbaik dan Rekomendasi VPS Berkualitas

[Kincaimedia.net]
Dalam membeli sebuah Virtual Private Server selain mempertimbangkan spesifikasi, harga, dan pelayanan support juga harus memperhatikan dimana lokasi servernya. Kalau website atau layanan online Anda ditujukan untuk orang Indonesia maka memang sebaiknya ada di IIX (Indonesia Internet eXchange) tapi rata – rata masih lebih mahal baik secara bandwidth maupun spesifikasi daripada yang berada di luar negeri. Jadi kita harus pintar – pintar melakukan kompromi.

Apa faktor lainnya yang menentukan Penyedia VPS terbaik ?
  1. Performa VPS.
    Kadang kita akan menemukan secara spesfikasi sangat bagus tapi dalam kenyataannya dibatasi penggunaannya. Ini sama saja naik mobil sport tapi pedal gasnya ada penghalang.
  2.  Kestabilan node VPS tersebut berada.
    Pernah mengalami login SSH lama? Eksekusi perintah yang entah berapa menit baru muncul hasilnnya? System load tinggi? Asalkan yakin bukan dosa – dosa Anda maka ini disebabkan oleh VPS lain yang berada dalam satu server.
  3. Kualitas supportnya.
    Masih berhubungan dengan poin kedua, misal bermasalah atau malah VPS down dan tidak bisa diakses tentu kita harus segera cari solusi kan? Ya… Anda akan merasakan betapa frustasinya kalau support ticket Anda dibalas keesokan harinya.
Artikel Terkait : Situs Penyedia VPS Terbaik Server Singapore, USA dan Indonesia

Beberapa percaya lokasi server VPS sangat mempengaruhi. Betul. Tetapi dimanakah Lokasi server VPS terbaik ? Kita akan bahas dan ulas beberapa lokasi data center (pusat data), tempat dimana server-server diletakkan.
Server VPS Terbaik, VPS Murah, VPS Gratis, Tips Memilih VPS

1. USA - West Coast

Kota-kota yang berada disini a.l: California, Oregon, Washington, dll. Menurut sebagian orang, Amerika bagian barat merupakan lokasi di USA yang terdekat dengan Asia Pasific (termasuk Indonesia). Tetapi setelah sekian lama, ternyata Asia Pasific sudah memiliki banyak koneksi backbone ke US West dan US East secara langsung. Kedua-duanya dengan menggunakan Fiber Optic bawah laut (biasanya dari Singapore ke West dan dari Hongkong ke East).

2. USA - East Coast.

Kota-kota yang berada disini a.l: Florida, Pennyslvania, dll.

3. Eropa.

Lokasi data centre / pusat data (tempat server-server diletakkan) di Eropa, antara lain:
Jerman, Perancis dan Belanda. Jerman dan Perancis menduduki rangking pertama dan kedua untuk
kualitas server dunia karena kualitas dan manajemen jaringannya yang luar biasa baik.

4. Inggris.

Lokasi data centre di pusat kota London, tetapi saat ini sudah mulai tersebar hingga ke utara Inggris (pinggiran kota), seperti kota Maidenhead. Inggris merupakan lokasi Data centre terbaik dan temahal di dunia.

5. Asia Pasific.

Dengan kota-kota besar seperti Hongkong, India, Singapore, juga di Middle East seperti Saudi Arabia (Dubai -meskipun belum cukup terkenal saat ini) sudah mulai menunjukkan gigi.
Singapore menjadi yang paling terkenal, menyusul Malaysia (Indonesia kapan nih?)

6. Indonesia.

Dengan pusat data dibeberapa lokasi, dengan fokus di ibukota Jakarta. Penjelasan lebih lanjut di Ulasan dan Perbandingan VPS dari 6 Server diatas.

Apakah beli di lokasi lain dikatakan rugi ?

Tidak kok sebenarnya, admin juga ada VPS di Kanada yang memakai data center milik OVH dan di Buffalo – US dengan jaringan ColoCrossing. Tapi kalau dibandingkan dengan nilai ping selisihnya bisa 100-an ms lebih dibandingkan 3 lokasi diatas.
Yang bagus dari pengalaman admin nilai pingnya antara 100-200an ms dari Indonesia, ini sudah bagus tapi kalau sudah di sekitar 300an ms adalah standar kualitasnya.
Tapi kalau sudah diatas 400 ms… ini bisa membuat respon server jauh lebih lama dari seharusnya dan akan terasa dari sisi pengunjung saat membuat halaman situs anda.

Rekomendasi VPS Terbaik dan Berkualitas

Mari kita lihat provider VPS mana yang admin rekomendasikan, urutannya bukan karena terbaik atau terburuk lho ya melainkan cuma untuk menomori saja. 

1. DigitalOcean: https://www.digitalocean.com/

Lokasi vps terbcepat, VPS murah
Ini dia raksasanya dari Cloud Server, tinggal upgrade kalau performa Dropletnya kurang hebat. Apalagi dengan menawarkan lokasi di Singapura jelas menjadi keunggulan bagi kita yang ada di Indonesia, harga murah dan latency rendah.
Saya sekarang lebih sering memanfaatkannya sebagai tempat tes setting server, cukup buat Droplet dan biasanya dalam 1-2 jam sudah selesai dan hancurkan. Cuma kena beberapa sen dollar. Lebih efisien jadinya.

2. VirMach: https://virmach.com/

lokasi server VPS terbaik, VPS murah terbaik

Kalau Anda butuh VPS KVM dengan harga terjangkau maka bisa mencoba dari VirMach. Cocok buat Anda yang niat pindah dari DigitalOcean dan ingin mendapatkan yang lebih baik dengan harga setara.
Memang admin cuma ambil VPS yang 512MB tapi sudah admin gunakan untuk hosting forum kecil (sekitar 500 pengunjung per hari) selama ini dan bisa dikatakan baik karena cukup stabil.

3. VP Easy: https://www.vpeasy.com/

Tips Memilih Lokasi server VPS

Saya menyewa VPS dari VP Easy hampir bersamaan dengan VirMach dan ambil paket yang di tengah – tengah karena sudah niat untuk serius bukan coba – coba lagi. Dan tidak dikecewakan sama sekali sampai saat ini. Mereka cuma menyediakan paket tahunan karena mengutamakan pelanggan yang ingin kestabilan jangka panjang.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html