Cara Mudah Membuat Virtual Memory di Windows

[Kincaimedia.net]
Cara Mudah dan Sederhana Membuat Virtual Memory di Windows. Dengan adanya virtual memory, maka komputer yang mengalami kelebihan beban RAM akan ditangani. Fungsi dari virtual memory ini sendiri sebenarnya hampir sama dengan RAM yakni sebagai tempat penyimpanan data sementara saat aplikasi sedang berjalan.
Membuat Virtual Memory di Windows
Dengan demikian, maka virtual memory ini berperan sebagai RAM cadangan ketika RAM benar-benar sudah tidak mampu lagi menampung data dari semua aktivitas yang sedang berjalan. Sistem operasi ini akan menggunakan virtual memory dengan menyimpan data sementara ke dalam swapfile yang ada di hardisk.

Oleh karena itu, Anda bisa membuat dan juga mengatur jumlah kapasitas virtual memory yang dapat Anda butuhkan. Hal ini dilakukan ketika komputer Anda mengalami kelebihan beban aktivitas yang sedang berjalan. Disini akan membahas mengenai cara membuat virtual memory di Windows.

Berbeda halnya dengan RAM, maka virtual memory ini memiliki kecepatan yang relatif rendah jika dibandingkan dengan RAM. Hal ini dikarenakan sebenarnya virtual memory ini mengandalkan kecepatan hardisk.

Sehingga, sudah bisa Anda pastikan bahwa RAM akan memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat daripada virtual memory ini. Meskipun demikian, tapi virtual memory benar-benar sangat dibutuhkan oleh komputer yang memiliki RAM kecil namun aktivitas yang dijalankan melampaui ukuran RAM.

Sebenarnya, setiap komputer itu telah mengatur secara otomatis virtual memory atau paging file dari semua drive yang dimiliki oleh setiap komputer. Namun, Anda disini dapat mengatur ukuran atau size virtual memory pada komputer Anda.

Membuat Virtual Memory di Windows

Berikut ini merupakan cara untuk membuat virtual memory atau pagefile.sys di komputer Windows Anda
  • Bukalah file explorer kemudian klik kanan pada This PC atau My Computer selanjutnya pilih Properties.
  • Setelah itu silakan pilih Advanced system settings.
  • Lalu pilih tab Advanced  kemudian pilih Settings.
  • Kemudian buka tab Advanced selanjutnya pilih Change.
  • Maka Anda akan mulai masuk ke dalam settingan virtual memory. Disini silakan uncheck box Automatically manage paging file size for all drives lalu pilih drive kemudian pilih opsi Custom size setelah itu isi initial size dan maximum size dalam ukuran MB terakhir klik Set. Sebaiknya pilihlah Drive selain C: agar performa kecepatan komputer Anda tidak sama lambatnya.
  • Ukuran paging file size yang telah diatur akan terlihat pada driveAnda pilih selanjutnya silakan klik OK.
  • Komputer akan membutuhkan restart, kemudian klik OK.
  • Setelah itu klik OK kembali.
  • Selanjutnya klik Restart Now untuk merestart komputer Anda dan proses untuk membuat virtual memory selesai.

Mudah bukan cara untuk membuat virtual memory di Windows. Jika Anda ingin komputer Anda bisa memiliki performa yang baik dengan kecepatan yang tinggi. Maka sebaiknya Anda bisa meng-upgrade RAM yang lebih besar saja.

Namun sebaliknya, jika Anda tidak terlalu membutuhkan RAM yang besar dan juga tidak sering menjalankan aktivitas ataupun aplikasi yang besar. Maka Anda dapat memanfaatkan virtual memory ini sebagai sebuah alternatif Anda dalam mengurangi beban RAM pada komputer Anda. Inilah mengenai cara untuk membuat virtual memory di Windows. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...