Tutorial Lengkap Install OpenVPN di Virtual Private Server

[Kincaimedia.net]
Tutorial Lengkap Install OpenVPN di Virtual Private Server

Tutorial Lengkap Install OpenVPN di Virtual Private Server

Setelah kemarin gw posting mengenai instalasi wordpress dengan ajenti, sekarang gw mau share tentang Tutorial Install OpenVPN-AS (Access Server) di VPS kita. Sebelum kita masuk ke tutorial kita perlu mengetahui fungsi dari openVPN itu sendiri. Menurut penjelasan yang di dapat dari berbagai sumber, VPN(Virtual Private Network) berfungsi membuat koneksi terenkripsi antara 2 mesin dengan koneksi udp/tcp, misalnya saja server VPS dengan komputer kita dengan menggunakan VPN client lewat internet.
Tutorial Lengkap Install OpenVPN di Virtual Private Server

Kebanyakan di indonesia, VPN digunakan untuk sebagai tunneling untuk mengakses situs situs yang diblokir firewall kantor, maupun sebagai sarana mendapatkan akses internet gratis dari berbagai provider (biasanya digabungkan dengan proxy semisal squid). Untuk normalnya, penggunaan VPN ini lebih ke membuat koneksi aman antara 2 server, atau dari server pusat ke cabang. Atau bisa juga sebagai pengaman ketika kita mengakses wifi publik untuk menghindari packet sniffing.

Untuk instalasi server dan client di tutorial ini gw akan menggunakan OpenVPN-AS, karena gratis dan free(2 Client).Oh ya, openVPN AS ini adalah “versi gampangnya” instalasi openVPN (yang community edition) di VPS kita karena sudah ada web interface jadi kita tidak perlu lagi susah susah install openVPN lewat terminal. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung download di https://openvpn.net. Perlu diingat bahwa openVPN tidak support protokol IPSec, L2TP, dan PPTP.

Tutorial Install OpenVPN-AS di Ubuntu

Instalasi openVPN-AS cukup mudah, pergi ke halaman download openVPN AS terlebih dahulu di https://openvpn.net. Pilih OS sesuai dengan VPS kamu, untuk tutorial kali ini gw pake ubuntu 14.04 trusty, dan copy link downloadnya, dan gunakan wget untuk mendownload ke server kita. Contoh
setelah itu kita install deb tersebut dengan
selesai, Kini webpanel openVPN AS bisa diakses di
Client -> IPADDRESSVPSMU:943
Admin -> IPADDRESSVPSMU/admin:943
user defaultnya adalah openvpn, terlebih dahulu kita set password untuk openvpn dengan cara
setelah itu coba login maka Anda akan disuruh mendownload openVPN connect, yaitu client openVPN Access Server. Setelah Anda install aplikasi tersebut maka otomatis webpanel openVPN AS akan ter redirect. Untuk mengganti server pada openVPN connect cukup , interfacenya admin adalah sebagai berikut :
Tutorial Install OpenVPN-AS
Tutorial Install OpenVPN-AS

image-347

Untuk menambah user bisa dengan fungsi adduser biasa

1
adduser tukul
kemudian suruh user mengakses url client dan mendownload openVPN connectnya. Untuk mengganti IP server misal tidak match bisa dari admin panel di menu  server network setting, kalau mau set client webserver ke listen to all interface.

Yah demikian tutorial kali ini, cukup simple. Post selanjutnya di minggu depan akan membahas mengenai instalasi openVPN yang community edition unlimited client, jadi tunggu saja gan. Tutorial Lengkap Install OpenVPN di Vps ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html