Tips Memilih Web Hosting & Rekomendasi Web Hosting Terbaik

[Kincaimedia.net]
Supaya website Anda mudah diakses kapanpun Apa saja yang dipertimbangkan dalam memilih hosting yang bagus ? Pernahkah Anda kecewa terhadap suatu penyedia web hosting?

Mungkin karena server hosting sering down dan kinerja server yang lambat atau bisa saja karena support-nya yang tidak bagus? Atau ceritanya adalah ini pertama kalinya bagi Anda menghost-kan sebuah website dan saat ini Anda sedang mencari referensi tentang apa yang biasanya orang lihat sebelum memilih suatu penyedia web host?

Apapaun cerita Anda, admin yakin Anda akan menyukai artikel ini, karena ketika Anda berhasil membacanya hingga akhir, Anda akan mendapatkan pemahaman yang kuat tentang apa saja hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih suatu peneydia web hosting.
Tips Memilih Hosting & Rekomendasi Web Hosting Terbaik Indonesia

Pertimbangan Sebelum Memilih Hosting

1. Disk Space
Pada dasarnya, hosting itu untuk menyimpan data-data pada website Anda (gambar, konten, dll). Semua hal pada website Anda itu disimpan dalam hosting Anda. Untuk itu, jangan sepelekan disk space pada layanan hosting yang akan Anda pesan.

Kalau misalnya Anda tidak memikirkan disk space pada hosting yang akan menampung website Anda dan data-data Anda melebihi kapasitas penyimpanan maksimal, maka data-data pada website Anda tidak bisa disimpan ataupun website Anda bisa down dan tidak bisa diakses.

Disk space itu sangat penting bagi website Anda. Oh iya, ada sesuatu yang penting yang perlu Anda tahu. Terkadang, banyak penyedia layanan hosting di Indonesia maupun di luar negeri memberikan disk space dengan kapasitas unlimited.

Sehebat apapun spesifikasi komputer, pasti disk space nya tidak unlimited (entah suatu saat mungkin bisa unlimited). Jadi, perlu admin luruskan tentang disk space yang unlimited. Itu sebenarnya tidak unlimited.

Tetapi, satu space penyimpanan server itu digunakan bebas untuk para penggunanya dan ketika kapasitas penyimpanan tersebut sudah akan habis, maka pihak penyedia layanan hosting akan menambahkan disk baru lagi untuk satu server komputer.


2. Bandwidth
Yang sering menggunakan internet pasti sering mendengar kata bandwidth. Apa itu bandwidth ? Intinya, bandwidth adalah jumlah data yang didownload oleh Anda dan pengunjung Anda.

Misal, bandwidth hosting yang Anda gunakan itu 1 GB tiap bulannya. Dan Anda punya 1 halaman yang kurang lebih berukuran 10 kB.

Jika ada 10 pengunjung menuju website Anda dan hanya membuka halaman itu sebanyak 2 kali dalam sehari, maka bandwidth website Anda berkurang kurang lebih sebanyak 200kB pada hari itu (10kB x 10 orang x 2).

Jika Anda menemukan layanan hosting dengan menawarkan bandwidth unlimited, itu sebenarnya tidak ada. Tidak ada bandwidth yang unlimited, yang ada itu bandwidth unmetered.

Bandwidth unmetered adalah bandwidth yang tidak diukur/dibatasi oleh pihak penyedia layanan hosting. Artinya, berapapun traffic website Anda, pihak penyedia layanan hosting tidak memperdulikan hal itu.


3. Add On Domain
Jika Anda menggunakan layanan hosting yang memiliki fitur add on domain, Anda bisa mengupload/meng-online-kan website Anda di hosting yang telah Anda pesan sebelumnya.

Intinya, add on domain adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda menggunakan 1 hosting untuk beberapa domain. Jadi, Anda tidak perlu menyewa hosting lagi untuk tempat website Anda yang baru. Anda bisa menggunakan hosting yang sama. Tetapi, risikonya cukup besar.

Jika salah satu website Anda terkena malware, maka website yang lain juga akan terkena malware atau jika salah satu website membuat load tinggi pada server, maka website lain akan bermasalah.

Lebih baik Anda menggunakan 1 hosting untuk 1 domain saja jika Anda ingin website Anda lebih stabil dan tidak mudah down.


4. Softaculous Support
Softaculous adalah sebuah fitur/software yang memudahkan Anda dalam menginstall CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, dll. Banyak penyedia layanan hosting di Indonesia maupun mancanegara sudah menyediakan Softaculous bagi para penggunanya.

Jika Anda menggunakan web hosting yang memiliki fitur ini, maka Anda kan lebih mudah dalam menginstall CMS dan tidak perlu konfigurasi database, dll.

Namun jika Anda mengerti database dan pemrograman, mungkin tidak masalah jika hosting Anda tidak memiliki fitur Softaculous. Tetapi, akan lebih efektif menggunakan softaculous.


5. Gratis Domain
Tentu akan repot jika Anda sudah menyewa hosting tetapi masih harus membayar untuk domain. Harganya akan lebih mahal jika Anda harus menyewa hosting yang belum dengan domain, karena Anda akan membayar untuk domain juga yang jika diakumulasikan akan lebih mahal.

Saat ini juga banyak penyedia layanan hosting yang memberikan gratis domain jika menggunakan hosting milik mereka, contohnya yang terbaik menurut admin adalah Niagahoster.

Lebih baik Anda mencari layanan web hosting yang memberikan domain gratis jika Anda menyewa hosting mereka.


6. Jumlah Akun Email
Pernahkah Anda melihat email yang kurang lebih seperti ini : admin@uhangkincai.com, contact@uhangkincai.com, dll ? Apa yang terlintas di benak Anda ketika melihat email seperti itu ?

Pasti Anda berpikir, "Profesional sekali yang punya email ini". Website besar pasti punya email yang kurang lebih seperti itu demi meningkatkan reputasi dan kepercayaan.

Sekali lagi, reputasi dan kepercayaan.

Coba bayangkan jika Anda memiliki email seperti itu, pasti orang lain akan berpikiran seperti Anda dan bisa menganggap Anda itu profesional.

Alhasil, reputasi dan kepercayaan website Anda dan Anda akan meningkat di mata orang lain. Dan bagi Anda yang menggunakan website Anda sebagai sumber penghasilan, penting bagi Anda memiliki email seperti itu.

Tentunya, Anda harus memilih penyedia layanan hosting yang menyediakan akun email dengan nama domain sendiri.


7. Jumlah Subdomain
Tips memilih hosting yang selanjutnya adalah tentang jumlah subdomain. Penyedia web hosting yang baik pasti akan menyediakan fitur untuk menambahkan subdomain seperti blog.makinrajin.com, contact.makinrajin.com, dll.


8. Gratis SSL
Memiliki website yang dilengkapi dengan fitur SSL adalah hal yang cukup penting dan didambakan para pemilik website yang serius dalam mengurus websitenya. Ciri-ciri website yang menggunakan SSL adalah diawali dengan HTTPS dan bukan HTTP.

Walaupun tidak semua pemilik website membutuhkan SSL, tetapi SSL itu termasuk salah satu hal yang penting dalam menjaga vitalitas data-data Anda.


9. Dukungan Teknis
Pada saat menggunakan hosting, pasti tidak semua orang lancar dan banyak juga yang bingung dalam melakukan konfigurasi, belum lagi kalau Anda memiliki pertanyaan seputar hosting yang akan Anda pesan, pasti lebih mudah jika ada customer services yang siap membantu pertanyaan Anda.

Bayangkan, jika Anda memiliki kendala pada hosting Anda, dan Anda berusaha mencari lewat internet tetapi Anda tidak menemukan solusinya. Itulah pentingnya peranan customer services.

Dan satu hal lagi, sebaiknya pilih layanan penyedia hosting yang memiliki customer services yang ramah dan tidak hanya menjawab dengan seadanya.


10. CPanel
Ini juga merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh Anda jika Anda menggunakan layanan web hosting manapun. Saya pernah mengupload website latihan admin di web hosting gratisan dan ternyata tidak ada cpanelnya.

Saya pun awalnya kesulitan untuk membuka file managernya. Intinya, cpanel itu penting bagi Anda karena Anda akan lebih mudah dalam mengatur website Anda.


11. Harga
Anda patut curiga jika ditawarkan harga yang sangat murah dengan fitur hosting yang cukup tinggi. Biasanya, hosting-hosting normal itu memberikan harga sekitar Rp 30.000 – Rp 40.000 perbulannya untuk space yang kurang lebih 1 GB.

Tetapi ada juga yang menyediakan space yang unlimited (jika space habis maka akan ditambah oleh pihak hosting) dengan harga kisaran Rp 50.000 tiap bulannya. Anda bisa menjadikan ini sebagai patokan dalam memilih hosting.


12. Testimoni
Ketika ada sebuah produk yang dijual, pada awalnya orang pasti tidak percaya walaupun penjualnya berkata bahwa produk yang mereka jual berkualitas. Ya, mereka tidak langsung percaya karena yang berkata adalah penjual.

Beda kalau yang berkata orang lain yang pernah menggunakan produk itu sendiri. Pasti orang akan lebih percaya dibandingkan jika pemilik produk yang langsung mengatakannya.

Untuk itulah, sebelum Anda memilih hosting yang akan Anda gunakan, sebaiknya lihat dulu testimoni/kepuasan orang lain yang telah menggunakan produk tersebut.


13. Garansi
Walaupun Anda sudah yakin bahwa hosting yang Anda pilih itu cukup berkualitas dan menyediakan layanan yang baik, Anda tetap disarankan untuk mencari garansi. Karena jika sewaktu-waktu layanan hosting Anda bermasalah dan berakibat pada website Anda, Anda tidak terlalu rugi.


14. Uptime Server
Intinya, uptime server adalah kecepatan server dalam menanggapi pengunjung yang membuka website Anda. Semakin besar angka uptime servernya, semakin baik kinerja server hosting tersebut.

Saran admin sebaiknya Anda memilih hosting yang memiliki uptime server di atas 99%. Itu artinya hanya 1% tiap hari, website Anda  mengalami down. Jika dihitung, maka website Anda akan mengalami down (tidak bisa dibuka) selama 14,4 menit (60 x 24 / 100).

Uptime server yang tinggi itu penting sekali, karena jika Anda tidak peduli dengan uptime server dan Anda memilih hosting yang asal-asalan, bisa saja terjadi :
- Anda kehilangan pengunjung Anda
- Peringkat website Anda turun
- Pengunjung setia Anda akan pergi

Tentunya Anda tidak mau kan jika kejadian di atas menimpa Anda ? Untuk itulah, jangan remehkan uptime server pada layanan hosting yang akan Anda pilih.


15. Lokasi Server
Logikanya, jika pengunjung membuka website Anda dengan server yang jaraknya cukup dekat dengan mereka, pasti waktu responnya akan lebih cepat jika dibandingkan lokasi server website Anda yang jauh dari pengunjung.

Sebelum menentukan lokasi server, Anda perlu menganalisis target pasar (pengunjung) Anda berasal dari daerah mana. Misalnya pengunjung kebanyakan dari daerah Indonesia, maka Anda bisa menggunakan server dari Singapore.

Kualitas server di Singapore ini tak kalah dengan server di negara maju lainnya seperti Amerika Serikat. Kualitas server Singapore bisa dibilang jauh lebih baik dibandingkan kualitas server lokal (Indonesia).


16. Upgradable dan Downgradable
Anda bisa mengubah spesifikasi hosting yang Anda gunakan ketika akan memasuki masa kadaluarsa (expired). Dengan begitu, website Anda tidak sering down (karena spesifikasi hosting yang kurang) tanpa membuang-buang uang yang tidak perlu untuk dibuang (karena spesifikasi hosting yang terlalu tinggi).


17. Layanan Backup dan Restore
Website Anda termasuk sistem dan sewaktu-waktu bisa diserang oleh orang-orang jahat (hacker) sehingga bukan tidak mungkin data-data yang telah Anda buat sebelumnya bisa hilang tak bersisa.

Untuk itulah sangat penting bagi Anda untuk membackup data-data website Anda sehingga tidak hilang sia-sia. Sangat penting bagi Anda untuk memilih layanan hosting dengan fitur backup dan restore.


Rekomendasi Web Hosting Terbaik Indonesia, Baca disini : Web Hosting Terbaik

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html