Teknik dan Cara Memperbaiki Komputer PC Mati Total

[Kincaimedia.net]
Seringnya Mati lampu serta tegangan listrik yang tidak stabil membuat perangkat elektronik temrutama komputer menjadi rusak, hal yang terjadi pada pc desktop Dengan permasalahan Komputer PC Mati total di karenakan Arus listrik yang tidak stabil hingga membuat Motherbord Menjadi Bermasalah mengakibatkan komputer mati total.
Teknik dan Cara Memperbaiki Komputer PC Mati Total dengan Menganti IC Regulator dan Kapasitor Motherboard

Langkah-langkah Cara Memperbaiki Komputer PC Mati Total

Pada kali ini admin akan membahasan masalah komputer mati total secara bertahap, hingga segala kemungkinan penyebab komputer mati total dapat di lakukan pemeriksaan hingga menemukan solusinya.

1. Arus Listrik PLN Putus

Periksa arus PLN Pastikan terdapat arus listrik serta memiliki Voltage yang stabil Umumnya voltage PLN adalah 210-220-230 Volt Sangat di rekomendasikan Memiliki 220 Volt Hal ini mewajibkan Kita mengunakan Stabilizer Untuk menstabilkan Voltage listrik tetap 220, karena jika Arus listrik tidak stabil dapat menyebabkan komponen PC cepat panas, kerusakan pada Komponen Hardware terutama Powersuply, Matherboard Yang mengakibatkan Komputer Mati Total.
" Periksa Kabel Power dari PLN Ke komputer Biasanya kabel power sering bermasalah "  

2. Power Suply Rusak

Power Suply Komputer Memiliki perana sebagai pemberi tegangan untuk semua hardware yang terpasang pada komputer, Tegangan yang di hasilkan power suply bervariasi berkisar 3,3V, 5V, 12V, -12V, Voltage tersebut di recomendasikan sesuai jika tidak memiliki batas tolerasi Tegangan berkisar 5% saja, jika melebihi itu maka komputer dapat Cepat panas, Blanking atau Mati total.

Cara cek tegangan pada powersuply :a. Lepaskan Power suply dari koputer kemudian Pasang kabel power PLN ke powersuply
b. Hubungkan Kabel Ps_on berwarna Hijau dengan Ground berwarna hitam maka powersuply akan menyala
cek tegangan pada powersuply

c. Silahkan cek tegangan pada kabel berwarna Merah untuk 5 Volt (4,5V-5,4V), Kuning Untuk 12 Volt (10,8V-12,9V)  dan Orange Untuk 3,3 Volt (2,97V-3,63V). Batas toleransi tegangan 5%.
Teknik dan Cara Memperbaiki Komputer


3. Motherbord Bermasalah

Jika pemeriksaan pada Arus PLN sudah bagus kemudian di lanjutkan ke PowerSuply Juga sudah bagus maka langkah selanjutnya kita harus mengecek bagian Motherboard Komputer, dalam pengecekannya Harus dilakukan secara bertahap hal ini bertujuan agar dapat Cepat di ketahui bagian yang bermasalah, Berikut tahapan perbaikan motherboard Komputer PC mati total.

a. Periksa Konektor Power Suply ke Motherboard pastikan terpasang dengan baik dan dapat mengantarkan Arus listrik.

b. Periksa Tombol Switch Power Pada motherboard dapat di Hubungkan langsung di bagian Front Panel Switch Power Mengunakan Obeng Min jika masih belum hidup selanjutnya
Memperbaiki Komputer PC Mati Total

c. Reset Bios Motherboard dengan cara Hubungan Motherbord ke powersuply dan arus Listrik PLN Kemudian Menghubungkan Jumper Clear Cmos Selanjutnya Tekan tombol Switch Power Beberapa kali, Motherbord tidak hidup selanjutnya Kembalikan Jumper Cmos ke  Normal Lalu tekan tombol switch power Maka motherboard akan hidup kembali.
Kapasitor Motherboard

d. Jika masih Tidak Mendapatkan Hasil Selanjutnya Periksa Matherbord mengunakan PCI Analizer Untuk Mencari Bagian Komponen Yang Rusak
Menganti IC Regulator


Demikian Cara perbaikan komputer mati total, Silahkan lakukan langkah-langkah perbaikan Sesuai dengan cara di atas, Jika Langkah sudah di lakukan namun masih saja Komputer Mati total maka  Harus dilakukan perbaikan Motherbord Secara Schematic, Hal ini dapat dilakukan oleh Teknisi Komputer Level Schematic dan Chips

Langkah Selanjutnya Jika belum mendapatkan Solusi adalah ; Menganti IC Regulator dan Kapasitor Motherboard

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html