Panduan Lengkap Penggunaan Virtual Private Network (VPN)

[Kincaimedia.net]
Panduan Penggunaan Virtual Private Network (VPN) - VPN atau Virtual Private Network adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara private melalui jaringan publik (Internet).
VPN disebut Virtual network karena menggunakan jaringan publik (Internet) sebagai media perantaranya alias bukan koneksi langsung.

Dan disebut Private network karena jaringannya bersifat private, dimana hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan pun terenkripsi sehingga aman dan tetap rahasia meskipun dikirim melalui jaringan publik.

Jika Anda ingin menggunakan VPN untuk internet dengan koneksi cepat dan aman, Baik itu secara Gratis ataupun berbayar, admin telah siapkan tutorial lengkap dari mendaftar Akun vpn sampai cara setting di komputer, baik itu menggunakan tools atau tidak, dan juga cara mengkoneksi VPN hingga terkoneksi dan menggunakan nya untuk internet cepat.
Cara Setting VPN dan Tutorial Penggunaan Virtual Private Network (VPN) di Komputer PC, Android, dan iOS

Mendaftar akun VPN Murah dan gratis

Sebelum menggunakan VPN, Anda harus mendaftar terlebih dahulu akun dan server mana yang ingin digunakan, Baca di artikel berikut ini :

Configurasi Akun VPN di Operasi sistem

Jika Anda telah membuat akun Vpn, Kita ketahap selanjutnya, yaitu cara setting VPN di tool yang digunakan, maupun di system operasi yang digunakan :
Ini berisi tutorial settingan standart penggunaan VPN di System operasi windows XP, Jika Anda menggunakan Windows XP untuk koneksi internet melalui VPN, Pastikan Anda mengikuti tutorial Configurasi dengan teliti.

Ini berisi tutorial settingan standart penggunaan VPN di System operasi windows Vista, Jika Anda menggunakan Windows Vista untuk koneksi internet melalui VPN, Pastikan Anda mengikuti tutorial Configurasi dengan teliti.

Ini berisi tutorial settingan standart penggunaan VPN di System operasi windows 7, Jika Anda menggunakan Windows 7 untuk koneksi internet melalui VPN, Pastikan Anda mengikuti tutorial Configurasi dengan teliti, Meskipun menurut survei jarang sekali pengguna windows 7 menggunakan koneksi VPN, Tetapi pada dasar nya cara konfigurasi nya sama dengan system operasi windows lainnya, harus benar teliti.

Ini berisi tutorial settingan standart penggunaan VPN di System operasi windows 8/8.1, Jika Anda menggunakan windows 8/8.1 untuk koneksi internet melalui VPN, Pastikan Anda mengikuti tutorial Configurasi dengan teliti. 

Ini berisi tutorial settingan standart penggunaan VPN di System operasi windows 10, Jika Anda menggunakan windows 10 baik itu yang Technical Preview atau tidak, untuk mengkoneksi internet melalui VPN, Pastikan Anda mengikuti tutorial Configurasi dengan teliti.

Ini berisi tutorial settingan standart penggunaan VPN di System operasi Mac OS X, Jika Anda menggunakan Mac OS X untuk koneksi internet melalui VPN, Pastikan Anda mengikuti tutorial Configurasi dengan teliti, Terkadang di Mac OS X salah sedikit saja VPN Tidak akan terkoneksi, sama dengan system operasi windows.

Ini berisi tutorial settingan standart penggunaan VPN di System operasi Smartphones Android, Jika Anda menggunakan Android untuk koneksi internet melalui VPN, Pastikan Anda mengikuti tutorial Configurasi dengan teliti.

Ini berisi tutorial settingan standart penggunaan VPN di System operasi iOS, Jika Anda menggunakan OS Jenis iOS untuk koneksi internet melalui VPN, Pastikan Anda mengikuti tutorial Configurasi dengan teliti.

Kesimpulan :
Pada dasarnya cara settingan nya sama, tetapi disetiap system operasi mempunyai versi yang berbeda, admin contohkan saja system operasi windows diatas.

Dan untuk system operasi iOS maupun Mac OS X dan Android, Juga sama settingan diantara versi nya, seperti settingan di android OPPO Smartphones dan settingan di android SAMSUNG S6, Yang membedakan mungkin hanya tataletak dan tampilan disetiap Smartphones.


Configurasi Akun VPN di Software dan Tools

Mayoritas pengguna VPN menggunakan tools atau software adalah mereka yang menggunakan VPN gratis untuk koneksi yang gratis, Silahkan lihat secara detailnya cara settingan VPN menggunakan tools atau software dil link berikut ini : Cara setting VPN untuk internet gratis fulllspeed. Saya sudah tumpukkan secara lengkap tempat pendaftaran dan tools support apa saja yang dibutuhkan, karna berbeda tempat mendaftar VPN berdeba lagi cara konfigurasi dan tool yang akan digunakan.


Cara Kerja VPN Dalam mengakses jaringan

Cara kerja VPN ibarat seperti membuat jaringan di dalam jaringan atau biasa disebut tunneling (membuat terowongan). Tunneling adalah suatu cara untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan menggunakan infrastruktur jaringan lain. Pada dasarnya VPN juga membutuhkan sebuah server sebagai penghubung dan pengatur antar client.
Ilustrasinya seperti gambar dibawah ini:
Cara Kerja VPN

Kelebihan Menggunakan VPN
VPN memungkinkan karyawan/pengguna untuk terkoneksi dengan jaringan internal kantornya dari manapun diseluruh dunia, yang penting terhubung dengan internet

Efektif dan Efisien
Waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan kantor-kantor cabang ke jaringan kantor pusat lebih lebih cepat, karena hanya dengan menyediakan akses internet di kantor-kantor cabang otomatis kantor cabang tersebut bisa langsung dikoneksikan ke jaringan di kantor pusat. Sedangkan penggunaan leased line sebagai WAN akan membutuhkan waktu yang lama untuk membangun jalur koneksi khusus dari kantor cabang yang baru dengan perusahaan induknya. Dengan demikian penggunaan VPN secara tidak langsung akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.

Hemat Biaya
Penggunaan VPN dapat mengurangi biaya operasional, karena VPN menggunakan infrastruktur jaringan publik yang sudah ada, sehingga tidak perlu membangun infrastruktur jaringan yang baru.

Meningkatkan Skalabilitas
Penggunaan VPN akan meningkatkan skalabilitas. Ketika Perusahaan berkembang dan membuat kantor cabang baru dibeberapa tempat akan lebih terhubung dengan jaringan lokal kantor pusat.


Itulah Panduan Lengkap Cara Setting VPN dan Tutorial Penggunaan Virtual Private Network (VPN) di Komputer PC, Android, dan iOS, Cara mendapatkan akun VPN (Mendaftar VPN), Maupun cara configurasi VPN (pengaturan VPN), Hingga cara menggunakan VPN Di tools penggunaan (Sesuai dari server dan website pendaftaran), dan juga Trik serta tutorial menggunakan VPN untuk internet cepat dan lebih aman, baik itu secara gratis ataupun secara berbayar. Sekian yang bisa admin jelaskan tentang VPN, Semoga dapat dipelajari setiap point nya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html