Panduan dan jenis jenis Kontrol Panel Open Source VPS Gratis

[Kincaimedia.net]
Panduan Kontrol Panel Open Source VPS Gratis

Setelah kemarin admin posting tentang Tutorial Lengkap Pengguna VPS Untuk Pemula, pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang kontrol panel VPS tersebut dan apa apa saja kegunaan nya buat memanage VPS.

Kapan Anda butuh sebuah kontrol panel untuk memanage VPS Anda ?
  • Anda bener bener baru belajar, dan belum tau apa apa tentang struktur file sistem operasi VPS Anda dan nggak pengen repot repot manual melaui konsol ssh buat ganti NS, memindahkan file, dll.
  • Buat hosting atau multihosting, kalau Anda pengen bikin blog, website jualan sederhana a.k.a buat webserver, gw sangat menganjurkan memakai kontrol panel biar nggak repot. Dan biasanya kalau Anda install kontrol panel juga akan terinstall juga webservernya (Apache/Nginx/lainnya).

Kapan ANDA sebaiknya nggak install kontrol panel ?
  • Buat jualan SSH, Anda nggak perlu kontrol panel. Buat apa? malah yang ada membebani RAM.
  • Leecher torrent atau file – sama dengan alasan diatas, cuma membebani RAM, soalnya proses leeching butuh RAM lumayan besar.
Nah sekarang admin mau share beberapa kontrol panel OPEN SOURCE.
Kenapa ? pertama karena GRATIS, kedua karena GRATIS, dan ketiga karena GRATIS. Coba lihat yang admin bold.
  • AJENTI
Kontrol panel yang gw pakai, tampilan ajenti simple dan mudah dipakai . Kalau Anda mau bikin webserver hosting Anda mesti install pluginnya dulu AJENTI V. Beberapa plugin Ajenti yang berguna seperti Ajenti-mail, Ajenti-V, dan sebagainya.

Berikut ini tampilan dasboard nya ajenti :


  • OPENPANEL
Salah satu kontrol panel yang tampilannya cukup simple dengan fungsi yang memadai antara lain Apache, AWStats, Bind DNS, PureFTPD,Postfix, MySQL databases, IPTables firewall and Courier-IMAP dan masih banyak lagi yang lain.

  • ZPANEL/SENTORA
Zpanel merupakan kontrol panel web hosting. Semua fungsi buat ngedukung masalah hosting lengkap tersedia, tapi cuma ngedukung webserver Apache, Nginx belum bisa. Zpanel mendukung OS windows juga lho, Linux pun bisa.
Tampilan Zpanel

Note : Tim core developer dari zpanel telah membuat kontrol panel fork dari zpanel yang dinamakan sentora.

  • WEBMIN
Salah satu control panel yang cukup terkenal, dengan modul virtualmin nya. Walaupun webmin ini gratis dipakai, beberapa modulnya ada yang berbayar misalnya virtual min Pro version, walaupun virtualmin yang gratisan juga. Mendukung webserver Apache.
berikut ini tampilan webmin dan modul virtualmin.

  • ISPCONFIG
Last but not least, Ispconfig. Kontrol panel yang cukup populer. Beberapa fiturnya antara lain plugin/addon, PHP version selector, PHP-FPM support, dan lain sebagainya. Support forumnya responsif banget, modul modulnya juga oke, support Apache dan Nginx. 
berikut screenshotnya.

Demikian yang bisa admin share pada kesempatan tutorial kali ini, untuk installasi kontrol panel diatas silahkan datang ke homepage kontrol panelnya masing masing.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html