Apa Yang Dimaksud Dengan Jaringan Komputer ?

[Kincaimedia.net]
Bagi Anda yang begitu awam dengan “jaringan komputer” pastilah memiliki tanda tanya besar mengenai hal tersebut. Sejatinya, jaringan komputer merupakan elemen penting guna menyambungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Tak berhenti sampai di situ. Jaringan komputer, hingga saat ini, memiliki peran yang begitu penting dalam arus perkembangan dunia. Bahkan, secara tak langsung Anda pun akan kebingungan apabila tak ada yang namanya jaringan komputer.

Jaringan komputer mampu membangun sebuah peradaban yang dulunya snagat kompleks dan serba sulit, menjadi peradaban yang begitu mudah dan sederhana. Setiap orang bisa menggunakannya kapanpun dan di manapun. Selain itu, aliran komunikasi dan informasi pun semakin mudah didapatkan.

Peran jaringan komputer terhadap laju informasi dan kemudahan komunikasi hingga saat ini tak bisa ditampik begitu saja. Apa yang ada saat ini tak bisa terlepas dari peran teknologi komputer yang setiap tahun terus berkembang ke arah yang lebih baik.
Lalu, apa yang dimaksud dengan jaringan komputer?

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer merupkan sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer. Keduanya saling terhubung melalui media transmisi atau media komunikasi. Akibatnya, kedua perangkat tersebut bisa berbagi data, aplikasi, bahkan berbagi perangkat keras.

Jaringan komputer secara harfiah diartikan sebagai kumpulan terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tanpa adanya konektifitas di antara keduanya, maka bisa dikatakan komputer tak memiliki Jaringan Komputer.

Tujuan Adanya Jaringan Komputer
Seperti halnya sebuah bangunan. Ada tujuan tertentu kenapa jaringan komputer diciptakan. Jaringan komputer sebgaja diciptakan guna menyampaikan informasi/ data dari pengirim (transmitter) kepada penerima (receiver) secara akurat dan tepat waktu.

Selain itu, jaringan komputer pun bisa digunakan untuk mempermudah penggunanya melakukan komunikasi dua arah. Bahkan, adakalanya jaringan komputer memiliki peran khusus guna mengintegrasi data antar komputer-komputer client. Hal ini dimaksudkan guna mendapatkan data yang relevan.


Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat jaringan komputer yang paling kentara, yaitu pengguana bisa mengakses file yang dimiliki atau bahkan pihak lain yang terhubung. Jaringan komputer pun memungkinkan pelanggannya melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.

Bisa dibilang, jaringan komputer memudahkan penggunanya terhubung dengan pengguna lain tanpa terpengaruh jarak dan letak geografis. Saat ini, jaringan komputer mengizinkan setiap pengguna mengirimkan file berupa teks, gambar, audio, maupun video secara real time.


Jaringan komputer dan Kemudahan Informasi


Tak dapat ditampik, jaringan kompyter secara tak langsung memudahkan setiap penggunanya mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Selain itu, informasi yang didapatkan pun terbilang akurat.

Hal ini dikarenakan layanan jaringan komputer tak lakukan filter otomatis terhadap informasi yang dikirimnya. Alhasil, penerima bisa memperoleh informasi persis seperti yang dikirim oleh si pengirim.



Macam-Macam Jaringan Komputer
Saat ini, banyak sekali jenis-jenis jaringan komputer. Paling tidak, ada sekitar 5 kategori jaringan komputer. Lima kategoti ini dibagi berdasarkan jangkauan geografis (LAN, MAN, WAN), distribusi sumber informasi/ data (Jaringan Terpusat dan Jaringan Terdistribusi).

Selanjutnya, ada media transmisi data (Jaringan Berkabel dan Jaringan Nirkabel), peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data (Jaringan Client-Server dan Jaringan Peer to Peer). Terakhir, berdasar jenis topologi. 

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai “apa yang dimaksud dengan jaringan komputer”. Pertanyaan mengenai hal ini memang sukar untuk dijawab. Apalagi buat Anda yang baru masuk dan mengenalnya.

Paling tidak, apabila Anda perhatikan secara seksama, jaringan komputer memiliki peran sangat vital dan signifikan terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html