Alat Monitoring Linux Sistem Yang Harus Di Ketahui

[Kincaimedia.net]

Perlukah memonitor kinerja server Linux Anda ?

Cobalah kumpulan perintah dan beberapa tool tambahan berikut. Kebanyakan distribusi Linux dilengkapi dengan ribuan monitoring. Alat-alat ini menyediakan metrik yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan atau kinerja sistemsistem. Anda dapat menggunakan alat ini untuk menemukan kemungkinan penyebab masalah kinerja dari server anda. Perintah-perintah yang akan dibahas berikut ini adalah beberapa perintah yang paling dasar ketika masuk ke analisis sistem dan memperbaiki masalah server seperti :

1.Mencari posisi hambatan/kemacetan jaringan.
2.Hambatan Disk (Penyimpanan).
3.Masalah Hambatan pada CPU dan memori.
4. masalah hambatan/kemacetan Jaringan.


# 1: Top - Proses Kegiatan Command
Program "top" menyediakan dynamic realtime view dari sistem berjalan yaitu aktivitas proses yang actual. Secara default, ini akan menampilkan sebagian besar tugas CPU-intensif berjalan di server dan akan mengupdate daftar tugas setiap lima detik. Gambar dibawah ini merupakan screenshot dari program top
mpstat, top
Jalankan program dengan cara mengetik : top


# 2: vmstat - Kegiatan Sistem, Hardware dan Sistem Informasi
Perintah vmstat memberikan laporan informasi tentang proses, memori, paging, IO blok, traps, dan aktivitas cpu.

jalankan perintah dengan mengetik : vmstat 3
vmstat

Perintah lainnya juga bisa di lakukan seperti :
Tampilan Memory Pemanfaatan Slabinfo :
vmstat -m
Dapatkan Informasi Tentang Memory Pages Aktif / Tidak Aktif
vmstat -a


# 3: uptime - Berapa Lama Sistem Telah Berjalan
Perintah uptime dapat digunakan untuk melihat berapa lama server telah berjalan. Pada saat ini, berapa lama sistem telah berjalan, berapa banyak pengguna yang sedang login, dan beban sistem rata-rata untuk 1, 5, dan 15 menit sebelumnya.
Contoh tampilan
uptime
Jalankan program dengan command : uptime


# 4: free - Penggunaan Memory
Perintah free menampilkan jumlah total physical memori bebas dan memori yang digunakan dalam sistem, serta memori buffer yang digunakan oleh kernel.
perintah dijalankan dengan perintah : free
free


# 5: mpstat - Penggunaan Multiprocessor
perintah mpstat menampilkan kegiatan untuk setiap prosesor yang tersedia, prosesor 0 menjadi yang pertama. mpstat -P ALL untuk menampilkan rata-rata utilisasi CPU per prosesor:
jalankan command dengan : mpstat -P ALL


Itulah 5 program monitoring pada Linux sistem yang dapat dijalankan oleh admin yang mungkin dapat berguna untuk memantau kinerja dan sekuritas server. Sebenarnya masih banyak lagi program monitoring yang dapat di lakukan pada Linux dan mungkin akan admin bahas pada lain waktu. semoga artikel ini dapat menjadi artikel yang bermanfaat dalam menambah pengetahuan sobat tentang dunia Linux.

Tag : Monitoring Linux, Linux Sistem, Linux

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html