Pengertian Virtual Private Server (VPS) dan Kegunaan nya

[Kincaimedia.net]

Pengertian Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server atau yang disingkat VPS merupakan teknologi server side yang berkaitan dengan perangkat lunak dan sistem operasi dimana hal ini mampu membagi sebuah mesin berkapasitas besar menjadi beberapa virtual mesin. Untuk Anda yang masih bingung dari pengertian diatas, maka dapat melihat skema bagaimana VPS itu dibuat melalui gambar dibawah ini.
Virtual Private Server (VPS) dan Kegunaan
Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa pada tiap-tiap virtual mesin yang dibuat, mampu melayani sistem perangkat lunak dan juga sistem operasi dengan konfigurasi resource (CPU,Disk,RAM,Network) sesuai yang ditentukan. Umumnya, VPS ini sering dipakai untuk software yang berjalan selama 24jam, website, Cloud Computing, dan lain sebagainya.

Kegunaan Virtual Private Server (VPS)

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari VPS itu sendiri
  • SSH Tunneling,
  • VPN atau Virtual Private Network,
  • Proxy Server,
  • Web Hosting (Database, email, dan web server), File Hosting,DNS Server,
  • Leecher, Forex, Trader,
  • Backup Server,
  • Development/Test Environments,
  • Game Private Server seperti Ragnarok, RF Online, Minecraft, dan lain-lainnya.
  • Shoutcast Hosting untuk membuat Radio Online sendiri menggunakan VPS,
  • dsb.
Selain hal diatas, VPS sendiri masih memiliki banyak kegunaan dikarenakan VPS dapat melakukan pekerjaan secara 24 jam penuh dan realtime. Virtual Private Server ini sangat cocok digunakan untuk situs web perusahaan level menengah. Layanan VPS sendiri umumnya dibagi menjadi 2 yaitu vps MANAGED dan UNMANAGED. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca pada artikel yang berjudul “VPS Managed vs VPS Unmanaged“. Setelah Anda membaca artikel sebelumnya, maka Anda dapat memilih layanan yang cocok untuk keadaan yang sedang Anda alami.

Lantas kapan suatu website membutuhkan VPS dibandingkan dengan Shared Hosting? Tentunya banyak faktor yang dapat dijadikan acuan kapan dan dalam keadaan bagaimana suatu website membutuhkan VPS. Untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca artikel yang berjudul “Shared Hosting vs VPS“.

Setelah Anda membaca artikel tersebut dan melakukan beberapa pemeriksaan, maka Anda sudah dapat menentukan apakah shared hosting yang Anda gunakan masih mampu menampung visitor pada website saat ini atau sudah membutuhkan bantuan dari VPS (Virtual Private Server).

Nah, jika Anda membutuhkan VPS Murah maupun Cloud Server Indonesia berkualitas dapat mencoba vps yang pernah 401XD review disini : Daftar VPS Terbaik

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

© Cara Menghilangkan m=1 di URL Blogger Terbaru | Ulasanesia Artikel ini telah terbit di ulasanesia, cantumkan URL di bawah ini agar terhindar dari pelanggaran hak cipta https://www.ulasanesia.com/2024/01/cara-menghilangkan-m1-di-url-blogger.html